Rabu, 16 September 2015

Pembersihan File dan Software Virus terinstall tanpa ijin (crossbrowse, oursurfing.com, malware, spyware, dll)


Puji Tuhan dulu,,baru lega dari masalah yg didapat subuh ini (16/09/15) ... Masalah yang tidak besar tapi bisa jadi melebar-merusak-membesar ke hal khusus untuk gaya hidup masa kini ,apalagi kalau bukan gadget yakni laptop saya yang hampir merupakan persentase besar dalam hidup saya... ya untuk masalahnya ini bisa dibilang yang bisa menusuk hati yang selalu buat was-was jika hal yang menusuk itu belum keluar dari hati ...maksudnya yang menusuk itu virus dan hati itu laptop .... ini bukan hal pertama kalinya tapi semoga jadi yang terakhir kalinya,.Amin...
Semua dimulai dari subuh hari yang ingin cari-cari freelance sambil download film (mumpung subuh kouta banyak) eh malah kena PopUp atau semacam tautan link yang langsung terbuka tanpa kita inginkan,, kalau istilah saya websi atau website sensitif..bagamana tidak yang istilahkan demikian,, orang ingin buka link yang kita ingini malah ke link aneh, ketekan klik kiri maupun klik tangan disembarang tempat(diluar link) juga sama, memang sensitif sekali .
Saya tidak kaget juga karena sering dan makin banyak juga website sensi sejenis seperti itu tapi tetap saja masih buat gigit gigi(kesal) tapi yang anehnya kenapa para pemilik website tersebut tidak memperbaikinnya memang sih semaikn banyak komisi yang didapat jika link iklan di web kita bangun klik pengunjung tapi hal tersebut sangat mengganggu pengunjung dan yang ada malah kemungkinan pengunjung jadi malas ke website itu lagi,,, yaa layaknya toko yang pembeli ingin lihat barang apa ehh malah diberi barang lainnya . Ya walau sebagai blogger yang belum begitu ramai, saya sangat memperhatikan hal ini dan nantinya jika ditawarkan iklan saya tetap akan menganalisis apakah iklan tersebut positif atau negatif .
Akan tetapi dari hal diatas itu masih terbilang sering tapi yang mengejutkan saya kali ini adalah ada website sensi yang melanjutkan link yang tidak saya inginkan itu langsung mendownload software dan juga langsung menginstal diluar sepengetahuan dan seijin saya .
Saya mengetahuinya dari program baidu pc brower, untung saja saya telah mendownloadnya kalau tidak saya mungkin sampai kapan pun tidak akan tahu jika tidak sampai laptop saya sakit parah . Pada saat itu ada notification dari baidu yang menyebutkan bahwa ada program yang terinstall tanpa persetujuan anda . Awalnya hanya satu namun terus bertambah seiring dengan program virus pertama yang telah terinstall melakukan download dan instalasi program virus lainnya, ya istilahnya dia mengundang teman-temannya sesama virus untuk masuk ke laptop saya tanpa ijin dari saya seperti itu .
Pada saat itu saya sedang download film tapi tidak ada pemberitahuan saya mendownload software tersebut . Tidak hanya satu software saja tetapi juga ada 5 software dan beberapa file yang bukan software . Beberapa nama softwarenya cinema’X’, crossbrowser, lalu oursurfing.com yang menjadi homepage disemua aplikasi brower saya, dan yang lainnya saya lupa namanya . Penjelasan lengkapnya tentang software virus tsb dapat dilihat di (http://www.2-remove-virus.com/id/penghapusan-oursurfing-com/ - http://www.2-remove-virus.com/id/menghapus-crossbrowser/ ) dan masih banyak software serupa yang merupakan virus lainnya yang pastinya perlu kita ketahui agar dapat mencegahnya .
Dan kelima software itu serta beberapa file yang saya lupa namanya itu ternyata bukan file sembarangan itu adalah TROJAN yakni virus yang sulit dihapus . Ketika saya hapus manual file tersebut malah muncul lagi dan bertambah terus lalu saya ingin disconect internet tapi tanggung saya sedang download film 75% . Jadi saya hanya bisa menyaksikan software dan file-file trojan itu masuk satu persatu ke laptop saya sampai download film saya selesai selama 2 jam yang membuat saya tidak tidur karna biasanya download 1GB hanya 45 menit karena ada virus koneksi dan os saya jadi lambat .
Setelah download film selesai saya langsung searching  cara menghapus atau menguninstalnya karena tidak ada file tuk uninstalnya . Beberapa dapat dihapus dan diuninstal tapi beberapa masih ada yang tidak bisa . Saya makin was-was laptop saya mulai demam ditambah lagi penjelasan dari beberapa artikel web ataupun blog yang memperjelas kelima software itu serta beberapa file yang saya lupa namanya itu ternyata virus malware spyware yang sangat berbahaya dan sulit diusir dari sistem . Selama satu jam masih banyak yang berkeliaran yang sudah lakukan beberapa tips-trik seperti download program untuk memblok website, mengubah hosts sistem, mereset setelan brower namun tetap tak bisa akhirnya saya menemukan artikel ini ( http://winpoin.com/ya-windows-akhirnya-tahu-kalau-ask-toolbar-adalah-malware/ ) . Dengan bantuan sebuah software bernama AdwCleaner yang dapat membersihkan virus itu dengan bersih dan cepat . Dan setelah itu saya sangat amat lega, bersyukur sekali .
Baiklah berikut adalah beberapa cara yang telah saya lakukan atas kasus diaatas lalu berhasil dan kira anda dapat lakukan juga . Berikut dibawah ini langkah-langkahnya

1.      Dengan menguninstall program atau software yang merupakan virus tsb secara manual di control panel . Mengapa di control panel ? karena program atau software yang merupakan virus tsb tidak ada file yang jelas didalamnya untuk menguninstallnya . Berikut langkah-langkahnya :  


 

2.      Dengan menggunakan bantuan program atau software pembersih yakni AdwCleaner yang dapat anda download di ( http://www.bleepingcomputer.com/download/adwcleaner/dl/125/ ) . Berikut langkah-langkah penggunaannya :  






Namun ketika saya mempelajari beberapa file software virus itu buat takjub saya mereka sangat jago untuk mendesain memprogram software tersebut .Itu dapat dilihat dari kerumitan coding dan logisnya .Tapi sungguh amat disayangkan mengapa kemahiran mereka itu digunakan untuk hal yang negatif, mengapa mereka tidak membuat software yang positif seperti edukasi, sosial, inovasi, yang tetap berkormesil . Apakah hal tersebut tidak laku dipasar atau seperti apa . Hal tersebut juga wajib diperhatikan lebih lanjut untuk keamananan dan kesejahteraan bersama . 

0 komentar:

Poskan Komentar