Minggu, 14 Oktober 2012

Tips memelihara anjing bagi pemula

Berdasarkan pengalaman saya juga ketika pertama kali memiliki anjing, saya agak sedikit bingung bagaimana cara memelihara anjing yang baik dan benar namun setelah saya Tanya-tanya sana sini dan searching akihirnya pun saya bisa menghandle semua itu .

Namun sebelum saya berbagi tips langkah – langkah memelihara anjing bagi pemula saya akan terlebih dahulu memberi tips langkah-langkah bagi yang ingin ataupun akan memelihara anjing .
Langkah-langkahnya sebagai berikut ;
1.      Kalkulasi dahulu budget anda cukup atau tidak tuk memelihara anjing .
2.      Pilihlah jenis anjing dan gender anjing yang sesuai akan kebutuhan anda .
Jika anda akan dikasih oleh orang lain, anda Tanya dahulu jenis anjingnya lalu anda pikirkan apakah jenis anjng tersebut sesuai akan kebutuhan anda atau tidak . Jika ya, anda bisa menerimanya namun jika tidak, sebaiknya anda menolaknya karena jika anda tetap menerimanya anda akan mendapatkan kesulitan nantinya jika anda memeliharanya karena seperti awal tadi bahwa jenis anjing tersebut tidak sesuai akan kebutuhan anda .
3.      Sebaiknya pilihlah anjing yang masih anak yaitu < 3 bulan .
Kenapa demikian karena pada usia tersebut adalah masa dimana anjing akan lebih mudah tuk mengenal tuannya dan lebih mudah tuk diajak bermain/berlatih .
4.      Persiapkan peralatan tuk anjing .
(kandang atau tempat, tempat makan dan minum, mainan, makanannya dan minumannya, tempat makan minumnya, perlatan mandi, kalung serta tali tangan)

Lalu berikut langkah – langkah memelihara anjing bagi pemula ; 
1.      Siapkan segala peralatan kebutuhan anjing anda (seperti pada point no 4 diatas) .
2.      Beri nama pada anjing anda (sebaiknya 1 suku kata saja agar mudah dimengerti dan diingat oleh anjing)
3.      Pasang kalung pada leher anjing, dan jika ingin berjalan-jalan pasanglah tali punggung agar anjing tidak merasa sakit barulah pasang tali handlingnya .
4.      Jika dengan kandang, sebaiknya beri kandang yang agak luas yaitu 1,5-2 kali panjang tubuhnya dan 2 kali tinggi tubuhnya agar anjing lebih leluasa dan tidak mudah bosan . Dan beri atap agar tidak terkena hujan dan panas serta beri alas yang nyaman .
5.      Jika tidak ada kandang, ikat anjing pada suatu tiang dengan kencang agar tidak lepas kalau perlu pasang gembong yang ringan .
Anjing diikat dengan rantai besi yang ringan dan kuat yang panjangnya kurang lebih 3m-4m agar anjing lebih leluasa dan tidak bosan serta sediakan atap tempat anjing diikat ini agar anjing tidak terkena hujan ataupun panas .
6.      Bersihkan tempat anjing dua kali sehari pagi dan sore/malam .
7.      Untuk makanan ;
·         Beri makan anjing secara teratur(jam makannya) dan beri sebanyak 2-3 kali(sesuai jenis anjing) setiap hari .
·         Untuk jam makan anjing juga haruslah teratur
Contoh saya memberi makan anjing dua kali sehari yaitu jam 8 pagi dan jam 5 sore setiap hari serta memberi cemilan pada jam 12 siang .
·         Makanan anjing diusahakan haruslah mengandung karbohidrat(nasi/kentang), protein(telur/daging/kacang-kacangan), lemak(daging), kalsium(susu/tulang-tulangan), serat(sayur-mayur) .
Seperti contoh: aduk nasi(1 centok tuk anak, 2 centok tuk besar) dengan daging(bisa kalengan 1-3 sendok makan) lalu tambahkan kacang polong/jagung yang sudah direbus atau juga dengan sayuran yang sudah direbus lalu beri sedikit air rebusan sayur . Untuk cemilannya saya biasa memberinya ceker ayam yang sudah direbus ataupun biscuit yang banyak mengandung susu dan sedikit gula .
·         Untuk anjing yang masih bayi (<1 .="." bulan="bulan" perbanyak="perbanyak" span="span" susu="susu">
·         Jangan beri gula dan garam pada minuman dan makan pada anjing .
8.      Untuk minuman ;
·         Beri selalu air putih di dalam kandang atau di tempat ikatan anjing itu(jika tidak ada kandang) .
·         Beri susu setiap pagi atau malam hari .
·         Untuk susu jangan terlalu encer dan diberikan saat masih panas atau hangat .
9.      Untuk mandi;
·         Mandikan anjing seminggu sekali .
·         Anda bisa menggunakan jasa salon ataupun mandikan sendiri .
·         Jika memandikan sendiri;
-          Sediakan perlatan mandi (sampo yang sesuai, handuk, hairdryer, ember, gayung) .
-          Untuk anjing jenis besar sebaiknya diikat pada tiang .
-          Gunakan sarung tangan .
-          Usahan air selalu mengalir .
-          Sumbat telinga anjing dengan kapas agar tidak masukkan air dan jangan terlalu dalam .
-          Semprot anjing dengan air dan gosok-gosok seluruh bagian agar debu kotor keluar .
-          Beri sampo usapkan seluruh tubuh atau isikan ember dengan sampo lalu aduk dengan air lalu banjuri seluruh tubuh sambil digosok-gosok .
-          Bilas dengan semprotkan air ke seluruh bagian sambil digosok-gosok sampai tidak lagi busa sampo .
-          Keringkan dengan handuk sambil digosok-gosok seluruh bagian sampai sudah tidak ada tetesan air .
-          Nyalakan hairdryer dan tujukan keseluruh bagian tubuh sambil digosok dan disisir sampai benar-benar kering .
-          Ambil sumbatan kapas ditelinga .
-          Anjing pun sudah bersih dan wangi .
10.  Jaga kebersihan telinga dan kuku anjing .
·         Untuk membersihkan telinga ;
-          Lakukan rutin seminggu sekali .
-          Anda bisa gunakan jasa salon atau lakukan sendiri .
-          JIka lakukan sendiri siapkan cottonbud/besi dan kapas, tissue, baby oil, pelet .
-          Gunakan sarung tangan .
-          Tuang baby oil pada piring kecil, celupkan cottonbud lalu ambil kotoran telinganya sedikit sedikit perlahan-lahan jangan terlalu dalam . Buang cottonbud jika sudah banyak kotoran . Dan lakukan proses tersebut berkali-kali telinga benar-benar bersih .
-          Namun jika anjing anda membrontak atau tidak bisa diam beri ia pellet dan usap-usap lehernya . 
·         Untuk pemotongan kuku;
-          Lakukan jika kuku anjing sudah agak panjang .
-          Anda bisa gunakan jasa salon atau lakukan sendiri .
-          Siapkan alat pemotongan kuku khusus anjing dan tissue .
-          Potong kuku anjing jangan terlalu panjang karena bisa berdarah, sebaiknya tuk pemotongan pertama kali anda kesalon lalu tanyakan panjang pemotongan kuku .
11.  Ajarkan anjing anda buang air besar dan buang air kecil secara teratur baik waktu maupun tempat .
12.  Ajak anjing anda jalan-jalan setiap hari sekali(15-40menit) untuk mengenal lingkungan sekitar dan sedikit berolah raga baik bagi anjing anda maupun anda sendiri . Namun jangan paksa anjing anda untuk berjalan terus, karena anjing juga memiliki mud seperti halnya manusia dan jika anjing anda tiba-tiba berhenti ketika sedang berjalan jangan paksa dia(tendang/pukul/seret) tapi berhentilah sejenak sambil memijat sedikit punggungnya sambil memberinya semangat karena kemungkinan ia lelah atau sedang tidak mud .
13.  Ajak anjing anda bermain sambil melatihnya minimal seminggu sekali kalau bisa sebaiknya setiap hari dan tidak perlu terlalu lama hanya 15 menit saja tuk setiap harinya . Contohnya sepertinya lempar bola, menyuruhnya tuk duduk, jump, stop, tidur, masuk, keluar dan lain sebagainya . Lakukanlah hal tersebut dengan tegas, dislipin, dan menyenangkan .
14.  Tegurlah anjing anda dengan memangil namanya setiap kali anda pergi dan pulang .
15.  Jika setiap kali anjing anda melakukan hal yang benar katakanlah kepadanya “ Goooood” dengan nada riang dan ramah sambil mengelus kepala/lehernya .
16.  Sebaliknya jika setiap kali anjing anda melakukan hal yang tidak benar jangan menendangnya/memukulnya dengan benda keras . Katakan “Noo”dengan nada menekan dan kencang . Jika ia melakukan terus pukulah dengan gulungan koran yang tipis agar tidak terlalu sakit .
17.  Jangan lupa tuk memberi vaksin pada anjing anda .
Vaksin ini fungsinya untuk memberi kekebalan tubuh pada anjing anda agar tidak mudah sakit ataupun tertular virus serta juga untuk memberikan pengamanan bagi diri anda sendiri . Sebelum melakukan vaksin ini sebaiknya tanya dahulu ke toko-toko petshop atau langsung berkonsultasi ke dokter hewan tuk kapan waktunya vaksin, berapa harganya vaksin, berapa kali tuk vaksin, dan vaksin jenis apa saja yang dibutuhkan .

Sekian tips dari saya tuk memelihara anjing bagi pemula . Lakukan hal diatas secara rutin dan dislipin karena anjing adalah hewan yang sangat dislipin . Jika anda sendiri tidak dislipin maka anjing anda menjadi tidak dislipin juga bahkan bisa menjadi anjing yang bandel dan membangkang .
Dan selamat mencoba…

0 komentar:

Posting Komentar