Rabu, 27 Oktober 2010

Perbedaan antara merek, merek dagang, nama merek, logo, hak cipta ?

TUGAS 4


PENGANTAR BISNIS # ( SOFTSKILL)

Apa perbedaan antara merek, merek dagang, nama merek, logo, hak cipta ?
>>>
a) Merek
Kotler (2001:575) merek memiliki enam tingkat pengertian yaitu:
a. Atribut, merek mengingatkan pada atribut-atribut tertentu.
b. Manfaat, Pelanggan membeli manfaat dari merek.
c. Nilai, merek menyatakan nilai produsen.
d. Budaya, merek mewakili budaya.
e. Kepribadian, merek mencerminkan kepribadian.
f. Pemakai, merek menunjukkan jenis konsumen yang membeli atau menggunakan produk.
Beberapa contoh dari merek ialah odol, honda, aqua dll

b) Merek Dagang (trademark)
Merek dagang ini digunakan oleh pembisnis untuk mengidentifikasikan sebuah produk atau layanan . Merk dagang meliputi nama produk atau layanan, berserta logo, simbol, gambar yang menyertai produk atau layanan tsb .
Beberapa contoh dari merek dagang yaitu KFC, Starbuck, AXA, J.CO Donuts, nike dll

c) Nama Merek (brand name)
Nama merek bergantung pada frekuensi pembelian produk tertentu ketimbang kategori lain (tergantung intensitas iklannya) . Nama merek terkenal mampu membangkitkan rasa keakraban konsumen sehingga peluang konsumen membelinya lebih tinggi .
Beberapa contoh dari nama merek adalah pepsodent, blackberry, 2tang dll

d) Logo
Logo adalah simbol atau gambar yang terdapat pada suatu merek dagang yang fungsinya memberi ciri khas gamabaran suatu merek dagang tsb .
Beberapa contoh dari logo ;



e) Hak cipta ( copyright)
Adalah hak dari pembuat sebuah ciptaan terhadap ciptaannya . Pembuat sebuah ciptaan memiliki hak penuk terhadap ciptaannya tsb serta salinan dari ciptaannya tsb . Hak- hak tsb misalnya adalah hak- hak untuk membuat salinan dari ciptaannya tersebut, hak untuk membuat produk dervatif, dan hak- hak untuk menyerahkan hak- hak tersebut ke pihak lain . Hak cipta berlaku seketika setelah ciptaan tersebut dibuat . hak cipta tidak perlu didaftarkan terlebih dahulu .
Beberapa contoh dari hak cipta yaitu Microsoft, perusahaan label music seperti SONY, disney, kingston, tupperware dll .

Sumber ;
  • TIPSNTRIK.net
  • Repository.usu.ac.id
  • kfc.com
  • axa.com
  • nike.com

1 komentar:

Seoman Link mengatakan...

wah.. keren ternyata. makasih artikelnya gan.
Semoga info ini bermanfaat juga, memang banyak orang yang ingin sukses udaha dagang nya tanpa dibarengi dengan kualitas produk & pelayanan yang dijualnya. Bagaimana bisa? Karena yang namanya cara dagang memang perlu adanya peningkatan kualitas barang dagangannya. Tak perlu melakukan hal yang repot seperti belajar bisnis atau kursus online, seperti wanita yang ingin belajar materi dalam hal kecantikan (tata rias) di tempat penghasil bahan-bahan maklon kosmetik aman tidak berbahaya. Umumnya orang dagang sudah punya banyak pengalaman sebagai usaha nyata (lahir) nya, tapi terkadang masih kurang mengerti ilmu pelarisan seperti dalam usaha batin nya. Maka dari itu silakan coba mengimbangi dengan sarana batin, seperti menggunakan sarana pelarisan. Banyak orang yang bilang sebaiknya memang usaha nyata (lahiriah) dengan usaha batiniahnya harus seimbang. Berbicara masalah pelarisan dagang, ada yang pernah menyarankan menggunakan sebuah JIMAT yang katanya AMPUH. Informasi selengkapnya
saya peroleh dari DISINI>> JIMAT PELARISAN
Semoga bermanfaat.

Poskan Komentar