Rabu, 02 Februari 2011

PELUANG USAHA


PELUANG USAHA

Peluang Usaha dapat muncul dari hobi kita sendiri, yang sebelumnya mungkin anda tidak sadar bahwa hobi anda bisa dijadikan sebagai usaha . Kalau hobi atau bidang usaha yang anda kuasai saat ini belum layak dijadikan sebagai peluang usaha, anda membutuhkan ide- ide yang menimbulkan peluang usaha . Bagaimana cara menimbulkan ide itu? Ide yang berpeluang usaha bisa didapatkan dari hal- hal berikut ini .

1. Cita- cita
Peluang bisa muncul dari cita- cita anda sendiri . Bila keinginan anda menjadi seorang pengusaha sangat kuat, maka anda akan melihat peluang- peluang dihampir semua bidang . Hampir setiap apa yang dilihat adalah peluang usaha . Atau setidaknya, anda secara naluri akan berupaya mencari peluang disuatu jenis usaha . Hal ini tidak akan terjadi pada orang yang tidak memiliki cita- cita sebagai pengusaha .

2. Tekanan
Bila seseorang menghadapi tekanan maka banyak gagasan yang akan muncul . Tekanan bisa dating dari luar, bisa juga diciptakan dari diri sendiri . Ketika seseorang memiliki tekanan untuk bisa hidup dan menghidupi keluarganya . biasanya dia akan berpikir untuk mendapatkan solusinya .

3. Kecenderungan Pasar
Mengamati kebutuhan konsumen di pasar dapat menimbulkan peluang usaha . Contoh; kecenderungan sebagian orang akan belanja di pabrik dengan harga murah . Maka muncullah Factory Outlet dimana- mana . Dengan berbagai promosi maka FO menawarkan barang dengan harga murah dengan kualitas barang yang dapat dijamin .

4. Inovasi baru
Gagasan untuk menciptakan produk baru tumbul karena adanya kebutuhan, sementara produk itu belum ada dipasaran . Apabila kkita berhasil menciptakan produk tersebut dan dibutuhkan konsumen maka kita dapat menjadi yang pertama dan menguasai usaha tersebut (leader) .

5. Komplemen dari produk yang ada .
Sebuah produk dapat meberikan peluang usaha dengan membuat produk- produk yang dapat melengkapinya, biasanya berupa aksesori . Produk otomotif seperti mobilnya biasanya dengan produk asesori yang menyertainya . Seperti diketahui, aksesori semacam ini bisa menjadi peluang bagi si pembuat produk maupun perusahaan .

6. Peristiwa yang digemari atau munculnya tokoh
Suatu peristiwa bisa menimbulkan peluang baru . Contoh, adanya musim kompetisi sepak bola, maka muncul produk- produk seperti T-shirt yang bergambar piala, pemain sepak bola favorit, baju kesebelasan club bola favorit, dll .

7. Wawasan
Orang yang wawasannya luas, pergaualannya luas dan ia mau berpikir, maka ia akan menemukan peluang usaha . Misalnya seseorang yang sering melihat usaha yang dilakuakn diluar negri (bisa didapatkan dari media massa / berkunjung ) dan usaha tersebut belum ada di negaranya, ini merupakan cara untuk mendapatkan peluang usaha .

8. Bahan bacaan
Membaca, selain menambah wawasan dan pengetahuan, juga bisa menimbulkan gagasan yang menimbulkan peluang usaha . Bahan bacaan bisa dari berbagai media . Bila anda memang berpikir keras mencari peluang, ketika anda membaca iklan produk/ jasa, ada kemungkinan anda mendapatkan peluang usaha .

9. Ide yang muncul tiba- tiba
Kadang kala gagasan bisa muncul tba- tiba, dimana saja dan kapan saja . Hampir setiap orang mengalaminya . Tetapi tidak banyak orang yang dapat mewujudkan gagasan menjadi usaha nyata yang membawa keuntungan . Kebanyakan orang melupakan ide- ide yang tiba- tiba muncul, dia tidak bisa melihat bahwa idenya dapat menjadi suatu peluang usaha .

0 komentar:

Poskan Komentar

FAMILY KAREN

FAMILY KAREN