Kamis, 18 Oktober 2012

AYAM STICK TAHU WORTEL ASAM MANIS ala DS



Untuk anda yang serba sibuk namun bingung ingin memasak makanan apa yang hanya dalam satu masakkan saja sudah koplit, efisien dan mudah . Mudah baik dalam mencari bahan-bahannya dan juga mudah dalam membuatnya . Ya, saya merekomendasikan anda tuk membuat masakkan ayam stick tahu wortel asam manis .
Ayam stick tahu wortel asam manis adalah makanan yang termasuk complete karena didalamnya ada ayam yang mengandung lemak dan protein, tahu yang mengandung protein dan karbohidrat, serta wortel yang mengandung vitamin A dan serat sayur . Jadi hanya dengan dalam 1 masakkan telah terkandung berbagai macam bahan-bahan yang dibutuhkan oleh tubuh kita .
Lalu bagaimana cara membuatnya??
Mudah saja, saipkan bahan-bahan dibawah ini .
Bahan – bahan ;
·         Ayam  ½ Kg
·         Tahu putih besar 1
·         Bawang bombai ½ butir, potong kotak-kotak
·         Bawang putih 3 siung, keprek lalu cincang
·         Cabe ijo besar 3 buah lalu iris
·         Wortel 1 buah
·         Saus cabe  5 sdm
·         Saus tomat 2 sdm
·         Gula pasir ¼ sdm
·         Garam ¼ sdm
·         Minyak goreng secukupnya
·         Mentega 1 sdm
·         Air jeruk nipis 1 buah
·         Air putih matang secukupnya
·         Tepung maizena 1sdm lalu larutkan dengan air
Lalu bagaimana langkah-langkah membuatnya??
Tuk membuatnya sangat mudah dan efisien, anda tidak perlu sampai lelah dan memakan waktu . Anda cukup ikuti langkah-langkah dibawah ini .
Cara membuat ;
1.      Cuci bersih ayam lalu potong menjadi 12 bagian kemudian siram dengan air jeruk nipis dan garam, aduk merata, lalu diamkan 5 menit . Setelah 5 menit buang air rendaman dan cuci kembali ayam .
2.      Potong tahu putih dan wortel berbentuk stick lalu cuci bersih dan tiriskan .
3.      Goreng ayam sampai matang dan juga tahu ½ matang . Lalu tiriskan .
4.      Panaskan penggorengan masukkan mentega dan minyak 3 sdm lalu aduk tunggu panas lalu masukkan bawang putih dan bawang bombai yang sudah dicincang tumis hingga harum .
5.      Setelah harum masukkan saus tomat, saus cabai, dan garam aduk merata lalu masukkan wotel aduk merata dan tambahkan air matang hingga wotel terendam . Tunggu sampai mendidih dan wortel ½ matang .
6.      Setelah mendidih dan wotel ½ matang, masukkan irisan cabai ijo, ayam dan tahu yang telah digoreng lalu aduk merata beri gula pasir  dan tepung maizena yang telah dilarutkan dengan air kemudian aduk kembali hingga merata .
7.      Jika sudah merata, angkat dan sajikan . Ayam stick tahu wortel asam manis siap dihidangkan . Selamat mencoba .

0 komentar:

Poskan Komentar