Minggu, 03 Juni 2012

MUSIC


Kali ini saya akan membahas tentang musik .

Pertama, saya mulai dari definisi musik itu sendiri . Apa sih itu musik?? .  Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia )
1. Ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan ;
2. Nada atau suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan (terutama yang menggunakan alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu).
Menurut saya pribadi, musik adalah sesuatu karya yang dihasilkan oleh emosional jiwa seseorang ataupun kelompok yang ditulis pada kertas ataupun dalam dokumen lainnya yang memiliki unsur seni berupa nada, ritme, dan keharmonian lainnya yg menjadikannya indah memesona serta memiliki arti dan peran didalamnya . Baiklah itu definisi musik menurut saya, bagaimana dengan anda?? Anda bisa menjawabnya sendiri .

Kedua, saya membahas tentang History of Music  . Untuk history of music ini dapat dibaca pada link berikut ini (http://en.wikipedia.org/wiki/Music_history atau http://www.globalmusichistory.com/2011/12/history-of-music-ii.html dan juga http://www.globalmusichistory.com/2011/12/historical.html  )
untuk history of music saya tidak perlu membahasnya karena semua telah dibahas pada link-link diatas .

Ketiga, saya lanjutkan dengan membahas fungsi music .
  • Fungsi Ekspresi
yaitu musik berfungsi untuk membuat kita manusia dapat mengekspresikan emosional jiwa diri kita masing-masing . Yaitu bisa melalui menulis lagu, bernyanyi, menari, bermain instrument musik lainnya , dll . Menurut pengalaman saya pribadi melalui musik saya dapat mengekspresikan emosional jiwa saya melalui seperti contoh diatas dan setelah saya mengeksprikannya emosional jiwa saya menjadi lebih jernih kembali tenang karena telah saya luapkan dengan musik tsb . Lalu Anda?? mari kita ekspresikan emosional jiwa kita melalui music tentunya haruslah positif !!
  • Fungsi hiburan
yaitu musik berfungsi memberi hiburan, penghiburan bagi penonton/pendengar dan pemain musik itu sendiri . Dimana musik menghibur memberi kenikmatan bagi para konsumen musik itu sendiri dan menyenangkan para penikmat musik . Serta para konsumen ataupun penikmat musik ini terhibur oleh adanya irama, bahasa melodi, atau keteraturan dari harmoninya, aksi panggung, erta pula teks syair/lirik dari lagu tsb . Namun terkadang tidak semua konsumen/penikmat musik bisa memahami teks/lirik musik, tetapi ia/mereka cukup terpuaskan atau terhibur hatinya dengan pola-pola melodi, atau pola-pola ritme dalam irama musik tsb  . Hal ini sama seperti pengalaman saya yaitu saya suka dengan musik internasional seperti Spanyol, Italia, Jerman, Perancis, Korea, Jepang, dll namun saya terkadang tidak mengerti apa maksud dari musik tsb terutama liriknya tapi bagi saya yg penting adalah susunan melodinya dan keteraturan harmonisasi dari musik tsb .
  • Fungsi komunikasi
Yaitu musik berfungsi memberikan komunikasi yaitu memberikan pesan dari pihak pengirim kepada pihak penerima dan timbal balik berupa respon dari pihak penerima . Contoh saja pada jaman dahulu adalah kentongan . Kentongan itu berfungsi memberi pesan dari yg mengentongnya kepada pendengar/masyarakat yg dimana pesannya memberikan informasi bahwa ada bahaya dan lalu masyarakat keluar rumah serta berhenti aktivitas sambil berkerumun menanyakan bahaya tsb . Itu contoh dulu, contoh sekarang yaitu telepon atau HP, ketika telepon/HP ada sms/ panggilan berbunyi/berdering lalu kita mengakat panggilan/ membaca sms tsb .
  • Fungsi pendidikan
yaitu musik berfungsi mendidik dalam hal ilmu pengetahuan(sekolah) dan moral maupun norma . Dimana didalam musik itu sendiri ditanamkan ilmu pengetahuan dan moral maupun norma . Contohnya seperti musik
  • Fungsi Puji-Pujian kepada Tuhan
yaitu musik berfungsi untuk memuji memuliakan Tuhan . Dimana sebagai rasa hormat, puji syukur atas KEAGUNGANNYA dan KASIH KARUNIANYA . Pada fungsi ini lebih bersifat religius .
  • Fungsi persatuan
Dimana musik berfungsi untuk mempersatukan suatu kelompok baik itu ras/suku, bangsa, negara, bahkan dunia . Seperti contoh musik adat, Lagu Kebangsaan, lagu perdamaian dll . Pada funsi ini musik bersifat sbg persatuan berupa perdamain .
  • Fungsi lambang/gambaran
Yaitu musik berfungsi melambangkan/menggambarkan suatu hal . Misalkan ritme music yg slow itu melambangkan / menggambarkan kesedihan sebaliknya jika ritme musiknya nge-beat maka melambangkan / menggambarkan  keceriaan .

Kempat saya akan membahas yaitu unsure daripada musik . Musik memiliki unsure sbb ; suara, nada, notasi, ritme, melodi, Kontrapun Musik, harmoni, Bentuk Musik
(http://id.wikipedia.org/wiki/Teori_musik)
  • Suara
Teori musik menjelaskan bagaimana suara dinotasikan atau dituliskan dan bagaimana suara tersebut ditangkap dalam benak pendengarnya. Dalam musik, gelombang suara biasanya dibahas tidak dalam panjang gelombangnya maupun periodenya, melainkan dalam frekuensinya. Aspek-aspek dasar suara dalam musik biasanya dijelaskan dalam tala (Inggris: pitch, yaitu tinggi nada), durasi (berapa lama suara ada), intensitas, dan timbre (warna bunyi).
  • Nada
Suara dapat dibagi-bagi ke dalam nada yang memiliki tinggi nada atau tala tertentu menurut frekuensinya ataupun menurut jarak relatif tinggi nada tersebut terhadap tinggi nada patokan. Perbedaan tala antara dua nada disebut sebagai interval. Nada dapat diatur dalam tangga nada yang berbeda-beda. Tangga nada yang paling lazim adalah tangga nada mayor, tangga nada minor, dan tangga nada pentatonik. Nada dasar suatu karya musik menentukan frekuensi tiap nada dalam karya tersebut. Nada dalam teori musik diatonis barat diidentifikasikan menjadi 12 nada yang masing-masing diberi nama yaitu nada C,D,E,F,G,A dan B. Serta nada-nada kromatis yaitu Cis/Des, Dis/Es, Fis/Ges, Gis/As, dan Ais/Bes.
  • Ritme
Ritme adalah pengaturan bunyi dalam waktu. Birama merupakan pembagian kelompok ketukan dalam waktu. Tanda birama menunjukkan jumlah ketukan dalam birama dan not mana yang dihitung dan dianggap sebagai satu ketukan. Nada-nada tertentu dapat diaksentuasi dengan pemberian tekanan (dan pembedaan durasi).
  • Notasi
Notasi musik merupakan penggambaran tertulis atas musik. Dalam notasi balok, tinggi nada digambarkan secara vertikal sedangkan waktu (ritme) digambarkan secara horisontal. Kedua unsur tersebut membentuk paranada, di samping petunjuk-petunjuk nada dasar, tempo, dinamika, dan sebagainya.
  • Melodi
Melodi adalah serangkaian nada dalam waktu. Rangkaian tersebut dapat dibunyikan sendirian, yaitu tanpa iringan, atau dapat merupakan bagian dari rangkaian akord dalam waktu (biasanya merupakan rangkaian nada tertinggi dalam akord-akord tersebut).
Melodi terbentuk dari sebuah rangkaian nada secara horisontal. Unit terkecil dari melodi adalah Motif. Motif adalah tiga nada atau lebih yang memiliki maksud atau makna musikal. Gabungan dari Motif adalah Semi Frase, dan gabungan dari Semi Frase adalah Frase (Kalimat). Sebuah Melodi yang paling umum biasanya terdiri dari dua Semi Frase yaitu kalimat tanya (Antisiden) dan kalimat jawab (Konsekuen).
  • Harmoni
Harmoni secara umum dapat dikatakan sebagai kejadian dua atau lebih nada dengan tinggi berbeda dibunyikan bersamaan, walaupun harmoni juga dapat terjadi bila nada-nada tersebut dibunyikan berurutan (seperti dalam arpeggio). Harmoni yang terdiri dari tiga atau lebih nada yang dibunyikan bersamaan biasanya disebut akord.


Kelima bahasan selanjutnya yaitu jenis-jenis dan gaya-gaya  musik . Musik juga memiliki banyak jenis atau Genre music seperti Classical and art music traditions (European classical music & Religious), Folk, dan Popular Blues, Country, Electronic, Hip hop, Jazz, Reggae, Rock (Heavy metal, Punk, rock), Traditional . Untuk penjelasan dari Genre music tsb dapat dibaca pada link http://www.globalmusichistory.com/2011/12/genres-of-music.html . 
Untuk musik tradisional, Indonesia khususnya diantaranya musik Bali, Borneo, Flores, Java, Kalimantan, Lombok, Moluccan Islands, Nias, Papua, Sulawesi, Sumatra, Sunda, dll . Untuk penjelasan dari masing-masing musik tradisional Indonesia dapat dibaca pada link http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_cultural_and_regional_genres_of_music#Indonesia 

Keenam dan yg terakhir yaitu musik yang tidak dimanfatkan dengan baik(positif) .
Jika musik yang tidak dimanfatkan dengan baik(positif) ataupun salah paham maka dapat berdampak negative .
Contoh ketika menonton suatu konser seringkali terjadi aksi anarkis seperti saling senggol lalu tawuran yg menyebabkab beberapa kematian .
Lalu juga dapat dicontohkan yaitu pencemaran nama baik . Yg berdampak pada hukum .
Serta juga ada musik club, musik-musik club itu bagus karena sangat kreatif namun beberapa para konsumen/penikmat musik ini dimanfaatkan untuk kehidupan pergaulan bebas .
Dari hal-hal tsb yg sudah terjadi tidak dapat kita ubah . Tapi mulai sekarang kita dapat meminimalkan ha-hal tsb dengan membuangnya dari pikiran kita dan tidak melakukannya .

Kesimpulan dari saya ;
Musik itu sesuatu karya yg indah memiliki melodi, ritme , jika ada lirik dan harmonisasi dari semuanya yg berasal dari ekspresi emosial manusia yg berfungsi sebagai ekspresi, hiburan, komunikasi, pendidikan, Puji-Pujian kepada Tuhan . Dimana memiliki nilai moral, keindahan, dan religius . Namun jika tidak manfaatkan dengan baik maka akan berdampak negatif . Dan musik memiliki jenis dan gaya yg masing-masin sesuai pada jiwa penikmat/konsumen ataupun pengarang music itu sendiri .

0 komentar:

Poskan Komentar