Minggu, 03 Juni 2012

REPORTASE TUKANG SAYUR KOMPLEK



Reportase tukang sayur komplek ini adalah sebagai syarat tugas softskill kuliah saya . Mengapa saya memilih Tukang Sayur Komplek sebagai target?? Alasan saya; saya pertama kali diceritakan oleh mamah saya tentang Tukang Sayur Komplek tersebut setelah ia selesai belanja dan ketika itulah saya mendapatkan inspirasi dari cerita tersebut yaitu topic tugas saya . Tidak hanya itu saya memilih topic Tukang Sayur Komplek  ini juga karena saya menilai unsur informative dan unik pada kehidupan Tukang Sayur Komplek ini .

Disini sayaakan memperkernalkan diri tentang topic saya . Topik saya adalah Tukang Sayur Komplek . Tukang Sayur Komplek ini bertinggal dan berjualan disekitar komplek saya jaraknya hanya beberapa blok saja dari rumah saya .  Nama Tukang Sayur Komplek tersebut adalah mamah isna ataupun sering pula dipanggil dengan Ibu Ita . Panggilannya tersebut adalah dari nama anak-anaknya yaitu Ita dan Isna . Beliau adalah seorang ibu dari 2 orang anak . Namun walau demikian beliau tetap tidak meninggalkan kewajibannya sebagai ibu rumah tangga . Beliau tetap menjalankan perkerjaan rumah dan juga mengurus suami dan anak sembaring berjualan .

Untuk selanjutnya saya akan meberikan info tentang akitivitas pekerjaannya sebaga tukang sayur . Modal yang dipakai beliau adalah sebesar Rp 800 000 . Dari modal tersebut sudah didapatkan untuk segala sayur-mayur, lauk-pauk, bumbu-bumbu dll . beliaubelanja di pasar Cibinong, berangkat dari pukul 03.30 sampai pukul 04.00 . Beliau berangkat belabja ke pasar dengan menggunakan ojek . Setelah belanja sesampainya di rumah beliau langsung menata belanjaannya dari pasar di meja tempat biasa beliau berjualan . Beliau berjualan sayur ditempat dalam artian tidak berkeliling melainkan yaitu di depan rumahnya sendiri . Beliau melayani pembeli dengan sangan baik ramah dan tersenyum dan didukung dengan kualitas barang dagangannya yang baik serta harganya yang terjangkau murah sehingga mungkin itulah yang menjadi daya tarik beliau terhadap para pembeli .

Beliau mulai berjualan melayani pembeli dari jam 05.30 sampai pembeli sepi ya sekitar jam 08.30 ataupun 09.00 . Bahkan sebelum beliau membuka lapaknya suadah ada pembeli yang menyampar ingin membeli . Mungkin ini karena sudah tenarnya dan juga karena banyak pembeli yang tak ingin kehabisan belanjaan yang diinginkan . Dan beliau juga bersedia menerima pesanan belanjaan dara para pembeli . Barang dangangan beliau terkadan habis namun terkadang tidak juga . jika masih ada yang tidak laku hari itu juga biasanya beliau menyimpannya di dalam kulkas .

Dari modal sebesar Rp 800 000 tersebut, modal tersebut balik pada saat itu juga (saat jualan selesai) dan beliau memperoleh untung bersih sebesar Rp 150 000 (pada saat hari itu juga saat jualan selesai). Dari untung yang didapat tersebutsyukurlah sudah cukup behakan terkadanglebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga .

Beliaupun juga menilai  para pembelinya . Penilaian beliau yaitu para pembelinya baik-baik, ramah, dan juga terkadang ada beberapa yang pembeayarannya tempo . Perasaan beliaupun saat dalam melayani para pembeli yaitu senang melayani namun kadang kala juga lelah . Beliaupun menilai pekerjaannya sebagai Tukang Sayur ini adalah pekerjaan yang menyenangkan, jujur, halal dan juga dengan sambil bekerja beliau bisa mengawasi suami, anak-anak, dan rumah .

Sekianlah repotase saya tentang Tukang Sayur Komplek . dari reportase saya di atas, apa hala yang bisa anda ambil pon-poin simpulannya??? .

0 komentar:

Posting Komentar