Rabu, 09 Januari 2013

Sabar itu baik

Sabar itu baik

Jika kita berbicara tentang sabar maka tidak akan pernah ada habisnya karena hidup memang harus sabar tidak hanya pada suatu bidang tapi harus pada semua bidanga kehidupan di dunia ini . Dan itulah yang Tuhan perintahkan kepada kita sebagai manusia tuk melakukannya karena Tuhan sayang kepada orang yang sabar .

Sabar itu sebenarnya mudah sangatlah mudah namun sabar itu juga sulit itu karena kita sebagai manusialah yang mempersulitnya tuk jadi sabar .

Banyak alasan manusia tuk jadi tak sabar terutama adalah adanya ujian/cobaan/masalah . Sedangkan jika kita telaah Tuhan selalu memberikan ujian/cobaan/masalah dalam setiap bidang kehidupan dan Tuhan menciptakan manusia juga memberikan sabar tuk menghadapi ujian/cobaan/masalah dalam setiap bidan kehidupan . Tapi, apakah kita selalu memikirkannya?? Dan apakah kemudian kita selalu menggunakannya?? Jawabannya ada pada diri andar sendiri . Namun secara fakta, TIDAK . Kita jarang bahkan terkadang tidak memikirkannya apalagi kita menggunakannya, terpikirkan saja tidak . Mengapa demikian?? Itu karena manusia mengandung dua buah roh yaitu buah daging dan buah roh yaitu salah satunya yang kita sedang bahas ‘sabar’ . Kita sudah dibutakan oleh ujian/cobaan/masalah, tidak hanya buta indera saja tapi kita sudah buta pikiran, dan perasaan jadi itulah yang terkadang membuat kita tuk sulit bersabar karena seluruh diri kita sudah dibutakan oleh ujian/cobaan/masalah .

Tuhan memberi kita sabar sebenarnya untuk menghargai ujian/cobaan/masalah yang sedang dihadapi dan lalu tuk menyelesaikannya dengan solusi yang terbaik . Jadi jika kita tidak sabar bagaiman kita menghargai dan menyelesaikkan masalah . Padahal sabar lah kunci awal salah satunya . Alih-alih terkadang kita malah mencari jalan pintas mendapatkan solusi yang bukan terbaik karena kita lompat ke tapak yang salah .

Jadi jika kita ulas kembali tulisan ini sabar itu mudah, indah, damai, dan baik karena segala sesuatu yang Tuhan ciptakan adalah yang terbaik .
Jadi kembalilah pada kehidupan anda dan masukkan sabar pada setiap bidang kehidupan anda .
Tapi bagaimana kita bisa mudah sabar?? Bagaimana kita tidak dibutakan oleh ujian/cobaan/masalah??
Jawabannya yaitu tetaplah mudah, dengan melakukan hal-hal berikut dibawah ini setiap waktu di kehidupan ini .
  1. Sabar itu harus penuh kesadaran .
  2. Sabar itu harus mengalah dan bukan berarti kalah .
  3. Sabar itu harus setia menunggu .
  4. Sabar itu harus tidak terburu-buru .
  5. Sabar itu harus penuh indah dan damai .
  6. Sabar itu harus matang .
  7. Sabar itu harus tenang
  8. Sabar itu harus menghargai .
  9. Sabar itu harus menyatukan pikiran & badan dengan pengalaman nyata pada saat itu
  10. Sabar itu harus ketita kita melakukan suatu aktivitas pada satu waktu, secara bersaman .
  11. Sabar itu harus menikmati proses sebuah pengalaman tanpa terburu-buru melihat hasil akhir .
  12. Sabar itu harus menata dua ritme agar sepadan .
  13. Sabar itu harus selalu berdoa kepada Tuhan .
Jadi bagaimana, sabar itu mudah sangatlah mudah bukan tidak hanya untuk dikatakan tapi haruslah wajib dilakukan karena jika anda tidak sabar maka andalah yang akan rugi, anda akan merasa bersalah & kehilangan moment bagus dalam hidup anda .

Saya mengutip dari slah satu buku favorite saya yaitu “Jalan Keluar” karya Thomas Rudi Tamrin , dimana tertuliskan sebagai berikut .
“Seandainya kita mendengar seseorang mengatakan bahwa kesabarannya muali habis . Itu adalah pernyataan yang aneh dan kontradiktif, karena pada dasarnya kesabaran itu tidak akan pernah habis . Yang ada adalah orang itu memang tidak punya kesabaran . Pernyataan itu hanyalah pembenaran bahwa dia tidak nyaman dengan konidisi emosi yang dialaminya .”
Jadi pointnya yang dapat kita ambil dan tanamkan dalam diri adalah kesabasaran itu tidak akan pernah habis . Rahmat & berkat Tuhan takkan pernah habis, sabar adalah salah satu tahapannya maka sabar takkan pernah habis sejalan dengan Rahmat & Berkat Tuhan .

Yuk, marilah kita sabar!! Semua indah pada waktunya . Jika masing-masing diri bersabar maka bisa bayangkan bahwa damai sejahtera mengelilingi memenuhi alam semesta raya ini karena sabar itu baik, orang sabar disayang Tuhan dan berkatNYA tercurah dari padaNYA tuk kita semua yang selalu sabar .

Daftar Referensi ;
·   Thamrin Thomas Rudi, Jalan Keluar The Art of Self Management to Hexagonalife Balance , Yogyakarta : Pohon Terang , 2012
·   Nahuway Jacop , 4:19 Angka Yang Dicari Orang , Jakarta : GBI Mawar Saron , 2008

0 komentar:

Poskan Komentar