Minggu, 31 Oktober 2010

FASILITAS ONLINE PADA UNIVERSITAS GUNADARMA

NAMA ; KENLLY
NPM ; 23210862
KELAS ; 1EB02


TUGAS 5

FASILITAS ONLINE PADA UNIVERSITAS GUNADARMA


Kita tahu bahwa Gunadarma adalah salah satu Uniersitas Swasta terbaik di Indonesia. Dengan semakin berkembang pesatnya ilmu pengetahuan teknologi dan informasi saat ini, Universitas Gunadarma mampu menyesuaikan kemampuan penyampaian dan pengajarannya dengan Integrated Virtual System dan berbasiskan komputer, yang semakin memudahkan para mahasiswa dalam kegiatan pembelajarannya.,

Kelebihan Integrated Virtual System dan berbasiskan komputer di Universitas Gunadarma sudah pasti sangat membantu mahasiswa, dosen, dan semua aspek yang terkait di Universitas Gunadarma untuk melihat informasi – informasi secara cepat dan simple, melihat schedule, lebih mudahnya konsultasi antara mahasiswa dan dosen, dan lain sebagainya.
Ada berbagai macam fasilitas – fasilitas online yang disediakan oleh Universitas Gunadarma,dengan kemampuan dan fungsi yang berbeda, yang dapat membantu mahasiswa dan dosenya mengakses informasi yg dibutuhkan.  
Di antaranya :
        1. http://baak.gunadarma.ac.id
        2. http://studentsite.gunadarma.ac.id
        3. http://sap.gunadarma.ac.id
        4. http://elearning.gunadarma.ac.id
        5. http://library.gunadarma.ac.id
        6. http://comunity.gunadarma.ac.id
        7. http://seminar.gunadarma.ac.id
        8. http://helpdesk.gunadarma.ac.id
        9. http://wartawarga.gunadarma.ac.id
      1. dan lain sebagainya .. .
1. HELPDESK GUNADARMA
Helpdesk ini ditujukan untuk mengoptimalisasi layanan di lingkup Universitas Gunadarma. Setiap keluhan/pertanyaan akan diberikan sebuah nomor komplain yang dapat anda gunakan untuk mengetahui progress dari helpdesk
UG Helpdesk adalah sebuah layanan yang ditujukan untuk menjawab berbagai pertanyaan terkait layanan IT di lingkup Universitas Gunadarma yang dapat diakses melalui http://helpdesk.gunadarma.ac.id.

Tampilan awal pada helpdesk yaitu


Berikut adalah keterangan penjelasan terhadap gambar diatas sesuai dengan keterangan nomor / symbol yang ada pada gambar ;

a. bulatan hitam nomor 1 LAYANAN PELANGGAN
Berisi kirim tiket, troubleshooter, download, knowledgbase, berita . Fungsinya memberi layanan kepada pelanggan( masyarakat anggota gunadarma) .

b. ceklis hitam 2 hijau KIRIM TIKET
Fungsinya mengirimkan tiket untuk menemukan jawaban dari masalah yang terlah dulu anda kirim .

c. ceklis hitam 3 hijau TROUBLESHOOTER
Fungsinya Tuntunan Troubleshooter akan memandu anda melalui serangkaian tahap untuk mendiagnosis dan mengatasi masalah yang umum ditemukan.

d. ceklis hitam 4 hijau  DOWNLOAD
Funsinya mendownload beberapa kategori . Direktori file ini dibagi menurut kategori..

e. ceklis hitam 5 hijau  knowledgebase
Fungsinya mencari artikel dukungan dan temukan jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan. .

f. ceklis hitam 6 hijau   BERITA
Fungsinya melihat artikel berita dan kelola langganan . Anda bisa menyaring berita yang ingin ditampilkan menurut waktu dengan memilih opsi Filter/Saringan pada baris navigasi..

g. ceklis 7 biru   PENCARIAN LAYANAN
Fungsinya untuk mencari seluruh bagian suprot pada layanan pelaggan .

h. ceklis hitam 8 pink  ARTIKEL KNOWLEDGEBASE
Fungsinya untuk melihat artikel knowledgebase yang baru .

i. dalam kurung cokelat
Berisi beberapa subsistem atau juga pilihan pada helpdesk, sama halnya dengan pada a. bulatan hitam nomor 1 LAYANAN PELANGGAN .

j. celis merah
Fungsinya untuk memilih bahasa yang ingin anda digunakan .

KELEBIHAN PADA HELPDESK ;
  • Kita dapat mengirim keluhan / pertanyaan tentang masalah- masalah yang kita hadapi dalam layanan online gunadarma .
  • Jawabannya relative cepat .
  • Karena ini adalah online jadi dapat diakses kapan saja dan dimana saja .
  • Kita pun dapat melihat artkel- artikel dan berita pada knowledgebase dan berita
  • Dan masih banyak kelebihan yang dapat kita nikmati di helpdesk ini 

KEKURANGAN PADA HELPDESK ;
  • Karena ini layanan online yang ditulis oleh kata, terkadang ada masalah yang sulit diungkapkan dengan kata- kata ataupun kita tidak tahu apa yang kita maksud terhadap kata- kata tertentu .
  • Dan karena ini online jadi jika jaringan sedang tidak berkerjasama maka kita tidak dapat diaksesnya .
  • Jika kita kehilangan / lupa tiket kita maka kita sulit untuk menemukan jawaban keluhan kita .
  • Jika masalah yang dihadapi harus sekarang terjawab karena masabelaku tugas yang pada waktu itu juga kita tidak bisa cepat mendapatkan jawaban keluhan kita, jadi kta harus menunggu .
  • Karena ini layanan online jadi kita tidak bisa face to face untuk menunjukkan masalah yang kita hadapi pada waktu itu .  
2. Baak
BAAK Universitas Gunadarma adalah biro yang menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di Universitas Gunadarma dan administrasi akademik, bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma.
Jadi jika kita mempunyai masalah tentang jadwal kuliah atau jadwal ujian yang tidak pas atau kesalahan data, kita bisa mengadukan hal tersebut ke baak, dengan disediakannya form untuk tempat pengaduan yang terdapat di sidebar kiri. Segala bentuk informasi yang berhubungan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar – mengajar juga terdapat di Baak, yang selalu di update.
Kelebihan :
  • 1. Kita bisa melihat berbagai jenis jadwal akademik seperti : Jadwal Pengisian KRS PTA, daftar ulang, Perkuliahan PTA, Uas, Ujian Utama dll
  • Terdapat sistem online, seperti untuk, berkonsultasi, pertanyaan langsung, dll
  • tampilan web simple dan cepat
Kekurangan:
  • 1. Terdapat Bagian” menu yang masih kosong dan tidak di update, seperti Sub fakultas, Sub kordinasi perkuliahan, Sub Monitoring dll.
  • Menu FAQ ,, yang terhubung ke sub domain gunadarma lainnya, seharusnya Menu FAQ memakai domain Baak sendiri.
3. Steudentsite
Bisa di bilang site Studentsite adalah lockernya para mahasiswa Gunadarma, karna dengan site ini kita bisa melihat berbagai informasi,jadwal harian kita, jadwal ujian kita, bahkan mengirim tugas pun bisa dilakukan dengan Studentsite. Semua informasi yang berada di Studentsite lebih spsifik tertuju kepada kita,

Para mahasiswa Universitas Gunadarma wajib memiliki Studentsite, untuk keperluan tugas, dll. Untuk memiliki Studentsite harus terdaftar sebagai mahasiswa Gunadarma dengan meaktifkan melalui NPM masing”.
Kelebihan :
  • Dengan Studentsite semua informasi yang kita butuhkan tersedia disini.
  • Kita bisa langusung melihat daftar nilai, absensi, dll.
Kekurangan :
  • Masih terdapat menu yang error di Studentsite.
  • Terkadang masalah bug di Studentsite memerlukan perbaikan yang lumayan lama
4. Satuan Acara Perkuliahan (SAP) ialah yang berisi pembagian materi suatu matakuliah tiap kali kuliah (setiap pertemuan). SAP berisi rincian materi kuliah setiap pertemuan kuliah dan berikut tujuan belajarnya serta buku-buku acuan untuk belajar.
Dengan adanya site SAP kita dapat mendownload materi” kuliah. Jadi kita dapat mengetahui dan mempelajari materi terlebih dahulu sebelum dosen menyampaikan materi tersebut.
Kelebihan:
  • Dengan adanya fasilitas searching SAP, dapat mempermudah pencarian SAP
  • Web lebih simple dan akses yang cepat
Kekurangan:
  • Menurut saya site SAP sudah berfungsi sebegaimana mestinya : D ( tidak ada kekurangan )
5. Elearning
E-Learning adalah pembelajaran jarak jauh (distance Learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet. E-Learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pelajaran/perkuliahan di kelas.
Bearti ini semakin memudahkan mahasiswa dalam kegiatan pembelajarannya, Tidak semua kampus perkuliahaan menggunakan fasilitas ini, dan Gunadarma sudah memilikinya. :
Kelebihan :
  • Dengan site Elarning ini, kemampuan pengajaran di Gunadarma akan semakin maju dan lebih modern
  • Situsnya simple, cepat, dan berisi atau banyak informasi” penting disana.
Kekurangan :
  • Masih ada sebagian para mahasiswa yang belum sepenuhnya mengerti pembelajaran elearning, untuk itu harus perlu terus di sosialisasikan,
6. Library
Perpustakaan yang dilengkapi dengan beragam bahan pustaka yang terdiri dari buku literatur baik dalam bahasa Indonesia, maupun dalam bahasa Inggris, majalah, jurnal ilmiah serta buku ilmu pengetahuan lainnya. Fasilitas Perpustakaan Universitas Gunadarma telah digunakan oleh mahasiswa, dosen, karyawan dan alumni Universitas Gunadarma.
Dengan Library Gunadarma, mahasiswa Gunadarma dapat melakukan booking buku terlebih dahulu sebelum melakujkan peminjaman, jadi kita bisa memesan peminjaman buku secara onlne.
Kelebihan :
  • Memudahkan mahasiswa dalam peminjaman
Kekurangan :
  • Tidak menyediakan Softcopy bukunya, harus meminjam langsung
7. Community
Sebuah Portal komunitas yang dapat membantu antar mahasiswa saling berinteraksi satu sama lain. Merupakan tempat yang pas bagi para mahasiswa Gunadarma untuk berkumpul, dan berdiskusi secara online.
Kelebihan :
  • Bisa dapat membantu antar mahasiswa berinteraksi satu sama lain, secara online
Kekurangan :
  • Masih minimnya komunitas yang ada.
8. Seminar
Site Seminar ini memberikan info tentang berbagai jenis seminar yang akan di adakan di Universitas Gunadarma. Dari pembicara, topik, dan info pendaftaran, dapat dilihat dari site Seminar ini.
Kelebihan :
  • Memberikan Info yang lengkap tentang seminar yang akan diadakan
Kekurangan :
  • Tidak menyediakan Pendaftaran Online untuk seminarnya
9. Warta Warga
Warta warga adalah kumpulan artikel dari berbaga mahasiswa atau dosen Universitas Gunadarma, yang di tampung di sana. Dengan Warta warga kita bisa berbagi informasi dan sharing ilmu masing”. Dengan mengirimkan artikel ke Warta warga, maka artikel kita akan dibaca oleh setiap yang mengakses Warta warga.
Kelebihan :
  • Sangat pas sebagai wadah untuk sharing” ilmu, berupa tips trik dll
Kekurangan :
  • Harusnya terdapat widget berupa artikel terpopuler dan semacamnya

 Sumber ;

0 komentar:

Poskan Komentar