Sabtu, 09 Oktober 2010

TUGAS 2

PENGANTAR BISNIS PART II

TUGAS 2

1. Sebutkan dan jelaskan 3 unsur yang menyebabkan munculnya aktivitas ekonomi ?
>> Jawaban ;
a) Kelangkaan (Scarcity)
Keterbatasan kita menyebabkan banyak hal terasa langka (scarce) . Kelangkaan mencangkup kuantitas, kualitas, tempat, dan waktu . Sesuatu tidak akan langka jika jumlah (kuantitas) yang tersedia sesuai dengan kebutuhan, berkualitas baik, tersedia dimana saja (disetiap tempat) dan kapan saja (waktu) dibutuhkan .
b) Pilihan- pilihan ( Choices)
Dalam setiap masyarkat selalu didapati bahwa kebutuhan manusia tidak terbatas banyaknya . Manusia tidak pernah merasa puas atas apa yang telah mereka peroleh dan mereka capai . Apabila keinginan sebelumnya sudah terpenuhi, maka keinginan- keinginan yang lain akan muncul .
Terbatasnya sumber data yang tersedia dibanding kebutuhan atau keinginan, menyebabkan manusia harus menentukan pilihan- pilihan yang bersifat individu maupun kolektif .
c) Biaya Kesempatan (Opportunity)
Ilmu ekonomi memandang manusia sebagai makhluk rasional . Pilihan yang dibuatnya berdasarkan pertimbangan untung dan rugi, dengan membandingkan biaya yang harus dikeluarkan dan hasil yang akan diperoleh . Biaya yang dimaksudkan dalam konsep ilmu ekonomi (economic cost) berbeda dengan konsep biaya akuntasi (accounting) .

2. Apa yang membedakan perusahaan dan lembaga sosial ? jelaskan!
>> Jawaban ;
a) Pengertian
* Perusahaan adalah sebagai kumpulan dari faktor- faktor produk (barang atau jasa) maupun kegunaan dari suatu produk tersebut dengan tujuan mendapatkan keuntungan .
* Lembaga sosial adalah salah satu jenis lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dan prosedur dalam melakukan hubungan antar manusia saat mereka menjalani kehidupan bermasyarakat dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup .
b) Tujuan
* Perusahaan
• Mendapatkan laba atau keuntungan dengan cara menjaga dan meningkatkan posisi keuangan perusahaan, menekan biaya operasional, menjaga kontinuitas perusahaan, meningkatkan volume penjualan, meningkatkan rentabilitas perusahaan, menjaga mutu produk yang dihasilkan, menjaga mutu produk yang dihasilkan, serta menjaga reputasi perusahaan .
• Mensejahterakan karyawannya dan lingkungan sekitar(sosial)
* Lembaga sosial
Lembaga sosial umumnya didirikan berdasarkan nilai dan norma dalam masyarakan, untuk mewujudkan nilai soial masyarakat menciptakan aturan- aturan yang disebut norma sosial yang membatasi perilaku manusia dalam kehidupan bersama . Dengan kata lain, lembaga sosial bertujuan untuk mewujudkan nilai- nilai sosial dan norma- norma sosial untuk mendapatkan keteraturan hidup dalam bermasyarakat .

3. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi tempat dan letak perusahaan ?
>> Jawaban ;
Sebelum membahas faktor- faktor, saya akan lebih dahulu menjelaskan apa maksud dari tempat dan letak perusahaan . Yang dimaksud tempat perusahaan yaitu kantor cabang yang bergerak dibidang fisik atau produksi , sedangkan letak perusahaan yaitu kantor pusat yang bergerak dibidang administrasi .

a) Faktor- faktor yang mempengaruhi tempat perusahaan ;
• Dekat pada lokasi bahan baku
• Sarana dan prasarana yang memadai
• Pendapatan perkapita suatu daerah
• Jumlah masyarakat
• Upah tenaga kerja dalam suatu daerah lebih murah (UMR)
• Harga lahan/ Tanah yang yang murah pada suatu daerah
• Tradisi dan budaya masyarakat daerah tersebut

b) Faktor- faktor yang mempengaruhi letak perusahaan ;
• Berada di ibu kota atau juga di kota- kota besar
• Sarana dan prasarana yang memadai
• Masyarakat di daerah tersebut terbuka dan modern

4. Tunjukkan perbedaan antara lingkungan eksternal mikro dan makro dalam dunia usaha ( jelaskan dengan contoh)
>> Jawaban ;
Dunia usaha pada umumnya tercipta karena adanya kebutuhan masyarakat . Walaupun demikian, dunia usaha tidak dikelola oleh seluruh masyarakat, tetapi oleh sebagian anggota masyarakat . Didalam masyarakat terdapat orang- orang yang menjadi pelaku langsung dan tidak langsung dalam bisnis . Masyarakat yang berperan langsung disebut komunitas (lingkungan eksternal) . Jadi, lingkungan eksternal adalah faktor- faktor diluar dunia usaha (bisnis) yang mempengaruhi kegiatan dalam dunia usaha .

Dalam hal ini, ada dua jenis lingkungan eksternal, yaitu lingkungan eksternal makro dan mikro . Lingkungan eksternal makro adalah lingkungan eksternal yang tidak langsung memberi pengaruh terhadap kegiatan dunia usaha . Sedangkan lingkungan eksternal mikro adalah lingkungan eksternal yang memberi kontribusi langsung terhadap kegiatan dunia usaha .

Pembagian lingkungan eksternal mikro yaitu suplier, perantara, teknologi, pasar, pesaing, dll . Sedangkan pembagian lingkungan eksternal makro yaitu keadaan alam, polotik, hankan, hukum dan peraturan pemerintah, pendidikan, teknologi, sosial, kebudayaan, kependudukan, ekonomi, serta hubungan internasional .

Contoh dari pada lingkungan eksternal mikro yaitu ;
Faktor yang dianggap penting yang berpengaruh langsung terhadap organisasi yaitu para pesaing baik pesau\ing potensial yang berpengaruh langsung terhadap organisasi yaitu para pesaing potensial maupun pesaing yang tidak potensial, para langganan, perwakilan pemerintah baik perwakilan dari negara- negara lain maupun perwakilan dari pemerintah pusat dalam hal ini departemen- departemen, pasar tenaga kerja baik yang dikelola oleh pemerintah dalam hal ini Departemen Tenaga Kerja maupun yang dikelola oleh swasta, lembaga perbankan dan bukan bank yang memberi pinjaman dan modal terhadap perusahaan, suplier yaitu penyedia dari bahan- bahan yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam proses produksinya . Peru diketahui bahwa tanpa mereka semua tujuan perusahaan tidak mungkin dapat tercapai dan mereka pulalah yang berpengaruh langsung terhadap jalannya organisasi . Namun tidak menyampingkan faktor- faktor yang tidak berpengaruh langsung terhadap kegitan dunia usaha .

Contoh dari pada lingkungan ekstrnal makro yaitu ;
Tingkat kemajuan teknologi mempunyai peranan yang tidak kecil terhadap organisasi baik melalui penentuan produk dan jasa, peralatan yang digunakan dan jenis usaha yang dikelola . Contoh penggunaan komputer dalam peramalan operasi dan penentuan jadwal tercepat penyelesaian produk sehingga biaya produksi dapat ditekan akhirnya dijual dapat lebih murah, atau dengan komputer arus informasi dapat lebih cepat dan akurat serta terjamin kerahasiannya .
Penulis : Kenlly Karen
Sumber ;
• wikipedia.org
• worpress.com
• maulanae.multyply.com

0 komentar:

Poskan Komentar