Jumat, 12 November 2010

TUGAS 6


TUGAS 6

PENGANTAR BISNIS (SOFTSKILL)

1. Jelaskan dengan singkat, ada berapa sifat produksi yang saudara –saudara ketahui ? Max 4 .
2. Jelaskan dengan singkat pengertian produksi secara umum dan secara ekonomi !
3. Dalam bidang produsi mempunyai lima tanggung jawab keputusan uttama . Sebutkan, Jelaskan !
>>>
1. Sifat produksi yang saya ketahui ;
a) Selalu barorientasi pada kualitas dan efisiensi.
Kualitas dan efisiensi produk perlu menjadi dasar bagi proses produksi. Dalam era globalisasi sekarang ini persaingan antar produk yang sejenis berjalan sangat ketat, oleh karena itu di dalam proses produksi harus menjaga kualitas produk yang baik sehingga banyak disukai konsumen. Disamping itu, efisiensi perlu ditingkatkan agar dapat menekan biaya produksi menjadi serendah mungkin. Dengan biaya produksi yang rendah, berarti ia dapat menghasilkan output/ barang dengan harga yang murah. Barang yang harganya murah cendrung akan banyak pembelinya karena menarik minat konsumen .
b) Berani mengambil resiko
Dalam proses produksi, haruslah berani menanggung kerugian jika ternyata hasil usahanya belum memberi keuntungan untuk sementara waktu.
c) Mampu menentukan tujuan
Dengan tujuan yang jelas seorang produsen dapat dengan mudah menilai apakah bidang usaha yang digelutinya sesuai dengan tujuan yang telah lebih dahulu direncanakan.
d) Mampu membuat perencanaan dan pengawasan yang efektif
Tanpa ada perencanaan produsen tidak mampu melakukan penetapan prioritas kegiatan dalam memanfaatkan berbagai sumber dan faktor produksi yang dimiliki dalam jumlah yang terbatas. selain itu produsen perlu menciptakan sistem pengawasan yang baik agar perencanaan yang telah dibuat dapat dilakukan tanpa ada penyimpangan.

2. Produksi secara umum adalah suatu proses/ siklus kegiatan- kegiatan ekonomi untuk menghasilkan barang/ jasa tertentu dengan memanfaatkan faktor- faktor produksi dalam waktu tertentu .
Produksi secara ekonomi adalah kegiatan yang menciptakan manfaat(utility) baik dimasa kini maupun masa yang akan datang .

3. Lima(5) tanggungjawab keputusan utama dalam bidang produksi ;
a) Proses produksi
Keputusan yang termasuk dalam kategori ini pada prinsipnya berkaitkan dengan penentuan wahana/ fasilitas fisik yang dipergunakan untuk terjadi transformasi input menjadi produk/ jasa . Keputusan yang dimaksud meliputi teknologi produksi, tipe peralatan, jenis proses dan aliran produksi, tata letak fasilitas . Pada umumnya keputusan- keputusan yang diambil  dalam ketegori ini berdampak jangka panjang dan tidak mudah diubah dalam waktu yang singkat .
b) Kapasitas
Keputusan- keputusan yang termasuk dalam kategori ini berkaitan dengan penentuan kemampuan sistem produksi untuk menghasilkan barang dalam jumlah dan waktu yang tepat . Dipandang dari sudut waktu dibedakan atas keputusan jangka panjang( penentuan kapasitas design sistem produksi, expansi kapasitas, integrasi vertikal, integrasi horizontal dsb), keputusan jangka menengah(penentuan sub kontak, penambahan mesin, rekrutasi tenaga kerja dsb), keputusan jangka pendek, pada prinsipnya berkaitan dengan pengalokasian pendayagunaan sumber- sumber yang tersedia untuk menghasilkan barang yang diminta konsumen . Keputusan ini diantaranya adalah penjadwalan produksi, pengaturan mesin, dsb .
c) Persediaan
Keputusan yang termasuk dalam kategori ini pada hakekatnya berkaitan dengan pengaturan material yang diperlukan untuk keperluan produksi, mulai dari pengaturan bahan baku, barang setengah jadi maupun produk setengah jadi . Ditinjau dari segi permasalahan yang dihadapi, keputusan ini dapat dibedakan atas keputusan Operating System persediaan dan keputusan tentang policy persediaan .
d) Tenaga kerja
mengelola orang merupakan pekerjaan terpenting yang perlu dibuat oleh seorang manajer  mengingat tenaga kerja tidak harus sebagai salah satu faktor produksi tetapi merupakan faktor penentu dari keberhasilan aktifitas dalam sistem produksi . Keputusan dalam kategori ini dimulai sejak proses seleksi karyawan sampai dengan pensiun . Adapun keputusan- keputusan rutin diantaranya penugasan karyawan, pengaturan lembur dan cuti, pengiliran kerja , dsb .
e) Kualitas produksi
Manajer produksi bertanggung jawab atas kualitas dari barang/ jasa yang dihasilkan . Oleh sebab itu manajer produksi wajib untuk melakukan kegiatan- kegiatan agar produk/ jas yang dihasilkan sesuai denagn standar yang telah ditetapkan .

Sumber ;
* mei-azzahra.com
* santaidisiniyuk.blogspot.com/2009/08/manajement-produksi.html

0 komentar:

Poskan Komentar