Jumat, 12 November 2010

TUGAS 7


TUGAS  7

PENGANTAR BISNIS (SOFTSKILL)

1. Jelaskan secara singkat 5 konsep pemasaran !
2. Sebutkan dan jelaskan perbedaan pasar dan pemasaran !
3. Apa beda kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran ?
4. Jelaskan dengan singkat apa yang dimaksud dengan Marketing Mix !
>>>>
1. Lima(5) konsep pemasaran ;
a) Konsep produksi
Pada konsep ini memfokuskan pada menekan biaya produksi yaitu bahwa harga(murah) merupakan dasar pertimbangan utama pembelian .
b) Konsep Produk
Pada konsep ini memfokuskan pada pengembangan produk yaitu performance dan kualitas produk mempengaruhi pertimbangan konsumen untuk melakukan pembelian.
c) Konsep penjualan
Pada konsep ini memfokuskan pada peningkatan penjualan yaitu uasaha- usaha penjualan(dan promosi) harus lebih aktif mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian .
d) Konsep Pemasaran, ada 2;
- Konsep Pemasaran (pelanggan)
Pada konsep ini memfokuskan pada kepuasan pelanggan yaitu pembelian dan pembelian ulang akan dilakukan apabila pelanggan(individual) mendapatkan kepuasan dalm pembelian .
- Konsep pemasaran sosial
Pada konsep ini memfokuskan pada kepuasan pelanggan dan kesejahteraan masyarakat yaitu pembelian- dan pembelian ulang akan dilakukan apabila pelanggan(individual dan sosial) mendapatkan kepuasan dalam pembelian .
e) Konsep pasar
Pada konsep ini memfokuskan pada mengungguli pasar pesaing yaitu perusahaan perlu mempertimbangkan pesaing untuk merebut dan mempertahankan kepuasan pelanggan .

2. Perbedaan pasar dan pemasaran dapat dilihat dari rincian dibawah ini ;
a. Pasar
Pasar secara umum adalah tempat pertemuan pembeli dan penjual
Menurut pemasaran, pasar adalah kelompok individual(perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli, dan berniat merealisasikan pembelian tsb .
Fungsi pasar ;
- pembentukan nilai harga
- pendistribusian barang dari produsen ke konsumen
- tempat promosi produk produksen ke konsumen
b. Pemasaran
Pemasaran secara umum adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit/ nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan .
Fungsi pemasaran ;
- fungsi pertukaran
- fungsi distribusi fisik
- fungsi perantara

3. Kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran jelas sangat berbeda.
Perbedaan itu dapat dilihat dari pengertian masing- masing berikut .
Kebutuhan : sesuatu yang diperlukan manusia di dalam kehidupan untuk mencapai tujuannya agar merasa puas .
Keinginan : kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan- kebutuhan yang lebih mendalam .

4. Beberapa pengertian yang dimaksud dengan Marketing Mix (Bauran Pemasaran) .
- Kumpulan dari variabel- variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran .
- Menurut Kotler(1997;92) : sejumlah alat- alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk meyakinkan objek pemasaran/ target pasar yang dituju .
- Stanto(1978) : kombinasi dari 4 variabel/ kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu produk, harga promosi dan sistem distribusi .

Sumber ;
* Budiarto, Teguh, Dasar Pemasaran , Gunadarma, Jakarta, 1993 .
* organisasi.org
*majidbsz.wordpress.com                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      
* jurnal-sdm.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar