Rabu, 02 Mei 2012

TARGET


Target ,,,, Hmm apa itu target??,, . Bagi Saya target adalah tujuan (goal) . Jika target itu adalah tujuan berarti tujuan wajib untuk ditempuh, dicapai, dan dilampaui . Ya, tentu itu sudah wajib hukumnya . Jika tidak?? Berati target tersebut gagal .

Target memiliki fungsi yaitu ;
·        Fungsi motivasi ( memberikan motivasi/ dorongan diri untuk mencapai, melampui suatu hal dengan berkomitmen dan bertindak)
·        Fungsi ketepatan ( melatih diri untuk tepat dalam arti dislipin waktu )
·        Fungsi kecermatan ( membuat diri dapat ilmu cermat dalam menghadapi segala tantangan )

Target juga mempunyai proses diantaranya yaitu ;
1.      Membuat target ( apa target anda )
2.      Merencanakan target ( kapan taget anda dapat )
3.      Mengatur target ( bagaimana cara-cara taget anda dapat )
4.      Menjalankan target ( telusuri jalan taget anda dengan menggunakan proses ke 3 dan ingat juga proses ke 2 & 1 seerta pada proses ini perlu adnya komitmen yang tinggi pada diri )
5.            Menyelesaikan target ( dapat mencapai taget dan melampauinya )                    
Catatan: Jika proses ke 5 gagal maka ada proses selanjutnya yaitu ;
6.      Refresh target ( cek taget apa yang salah, bagaimana bisa salah )
7.      Solution target ( cari jalan keluar apa yang tepat untuk memperbaiki taget anda agar jadi benar )
8.      Next or failed taget ( dari semua jalan keluar yang dilakukan jika sudah benar maka bisa lanjut ke proses 5 yaitu  menyelesaikan target atau jika masih tidak bisa maka ada 2 pilihan yaitu mulai dari proses 6 atau mulai lagi dari proses ke 1 )

Banyak beberapa orang yang pernah punya pengalaman tehadap taget . Ada yang sukses ada yang gagal . Nah yang gagal ituy terkadang salah dari awalnya (membuat target)  . Dan disini saya memiliki tips membuat target yang merupakan proses paling awal . Tipsnya sebagai berikut ;
·        Lihat dan cek dahulu diri anda (kondisi anda, kemampuan anda) . Jika anda sudah paham betul atas hal tersebut barulah anda dapat tahu apa target yang cocok untuk diri anda .
·        Jangan paksakan diri . Walau terkadang paksaan itu dapat memotivasi diri untuk lebih tapi jika ditengah perjalanan maupun diakhir perjalanan gagal, itu sangat disayangkan .  Apa yang disayangkan?? Tentu saja waktu anda, tenaga anda, bahkan harta anda .
·        Jangan tergiur tehadap hasil yang besar . Ingat hasil yang besar perlu taget besar ya termasuk pula waktu anda, tenaga anda, bahkan harta anda yang lebih besar . Tapi jika diri anda tidak mampu saya sarankan jangan .
·        Mulailah dari yang kecil-kecil dahulu sesuaikan dengan diri anda . Jika semuanya satu persatu behasil maka akan ada target berikutnya yang lebih besar menunggu anda . Santai saja woles , jangan terburu-buru namun juga perhatikan waktu .
·        Tapi jika anda sudah yakin bahwa diri anda mampu untuk menyelesaikan taget yang besar maka buatlah . Jangan sungkan-sungkan jika pun gagal pastikan ada jalan keluar .

Mencapai atau Melampaui ??

Banyak sebagian orang menyebutkan “mencapai target” tapi menurut saya itu kurang efektif . Karena bagi saya yang lebih efektih adalah “melampaui tagert”karena dengan melampaui target sudah jelas kita telah mencapai target dan plus masuk lanjut ke target selanjutnya .

Target takkan habis bagai air…

Target bisa dibilang seperti aliran air; bercabang-cabang, ada samudra, laut, selat, teluk, sungai, selokan dan lainnya . Maksudnya?? Target itu 1 tapi banyak alirannya ynag menyebabkan bercabang seperti air tidakkan pernah habis selalu ada ke cabang berikutnya selalu berputar mungkin selamanya sampai bumi ini lenyab . Sama seperti manusia hidup mempunyai target 1 yaitu masuk surga dan untuk masuk surga itu kan perlu target-target yang lainnya  untuk mencapai melampauinnya . Target itu memang selesai tapi takkan pernah habis/ berhenti karena selalu masih ada target-target lainnya bahkan dari cabang lain (bidang lain) .
Kapan target hidup berakhir?? Dan target selalu ada dan ada lagi menuju ketarget berikutnya selalu seperti itu takkan pernah habis sampai hidup ini berakhir .  Ketika hidup sudah berakhir maka tidak ada target karena tidak ada lagi aktifitas dan kita hanya tinggal menerima keputusan dan melihat hasilnya .

Maka dari itu buatlah, rancanglah, aturlah, jalankan, selesaikan target sebaik mungkin se-positiv mungkin dengan komitmen tinggi . Untuk siapa?? Terutama untuk diri sendiri, keluarga, bangsa, Negara, dan bahkan dunia . Dengan saling bantu membantu menyelesaikan target, mencapai target, dan melampaui target maka target duniapun akan tercapai terlampaui . Sekali lagi ingat “POSITIV” .

Catatan dari saya tentang target sebagai berikut .
·        Komitmen pada target anda !!
·        Target jika hanya dibuat, dirancang tanpa “bertindak” maka akan hnaya menjadi pajangan khayalan .
·        Mari bertindak pada target !! Tetap Positiv!!

0 komentar:

Poskan Komentar