Kamis, 13 Oktober 2011

Titik Balik Kemajuan Karir

RASA bosan dan jenuh yang membelenggu terkadang merusak semangat kerja. Jangan putus asa dan menyerah. Lari dari jawaban. Justru inilah saatnya Anda bangkit.

Barangkali yang setuju bahwa saat yang tepat untuk mencari pekerjaan baru adalah ketika Anda merasa tidak nyaman dengan pekerjaan lama.

Jika Anda merasa mulai tidak nyaman dengan posisi sekarang, mungkinn sedang dalam tahap membutuhkan promosi ke tingkatan yang lebih menantang. Kalau Anda merasa tidak ada perkembangan yang cukup berarti bagi kemajuan karir agaknya pekerjaan lain bisa mulai dilirik.

Tapi tunggu dulu, jangan buru-buru berpikir untuk pindah pekerjaan, kalau masih ada celah naik posisi di kantor, Jangan cepat menyerah. Raihlah cita-cita karir Anda selama masih bisa. Apalagi bila Anda termasuk orang yang berperestasi. Tidak mudah memang. Tapi apa salahnya bila dicoba. Berikut ini panduannya:

Pertama yang harus dilakukan adalah membicarakan persoalan tersebut dengan baik dengan bos Anda. Duduklah dengan tenang dengan pembicaraan yang lebih terarah serta tertuju ke pokok permasalahan.

Ungkapkan kalau prestasi yang Anda lakukan sekarang adalah cara untuk mencapai tujuan bagi perusahaan. Jelaskan pula sasaran yang ingin Anda lakukan bagi kelangsungan dan kemajuan perusahaan. Dengan pembicaraan seperti ini, atasan akan menghormati serta menilai Anda memiliki rasa percaya diri dan dewasa.

Kedua, menawarkan bantuan untuk departemen lain pada atasan. Tak salah jika Anda dengan sukarela menawarkan diri untuk memberikan bantuan bagi departemen atau tim yang lain, atau bisa meminta dan bertanya tentang tanggung jawab lainnya yang bisa Anda lakukan.

Hal ini dapat meningkatkan nilai Anda di dalam perusahaan. Dengan menanyakan pekerjaan tambahan apa yang bisa dilakukan. Ini menunjukkan Anda sangat ingin membantu dan memberikan kontribusi yang besar bagi kemajuan dan kelangsungan perusahaan.

Langkah selanjutnya adalah mempertajam kemampuan. Interpersonal skill yang kuat dapat memberikan pengaruh yang tidak sedikit dalam situasi yang krusial sehingga dapat "meraup" hormat dari atasan atau partner kerja. Dengan sikap yang ramah, mudah bergaul dan berkarakter serta menjadi pendengar yang baik akan membantu Anda menggapai apa yang Anda inginkan.

Jadilah pribadi yang inovatif. Jangan pernah takut untuk mengutarakan sesuatu yang berbeda ketika manganalisa setiap permasalahan dalam kerangka pekerjaan. Solusi yang kreatif akan membuat Anda semakin "bernilai" di mata atasan Anda.

Cara lainnya yaitu, carilah seseorang yang dapat memberikan nasihat yang baik untuk kemajuan karir Anda.

"Jual" diri Anda. Ya jangan pernah ragu untuk membiarkan orang lain tahu apa kemajuan yang pernah terjadi pada Anda selama ini. Misalnya, mengenai program kinerja yang sukses ataupun masalah yang pernah Anda pecahkan.

Namun yang pasti, Anda harus tetap belajar. Jangan pernah lupa belajar dan mempertajam kecerdasan untuk meningkatkan karir ke jenjang yang lebih baik.
(sindo//tty)

SUMBER : okezone.com

0 komentar:

Poskan Komentar